Reset Printer Epson T13

Catatan kali ini kita akan mereset printer Epson T13 series. Tandanya adalah pada saat printer dinyalakan, lampu power berwarna hijau menyala disertai dengan lampu merah pada printer berkedip. Kondisi ini menunjukkan printer harus dilakukan reset.

Sebagaimana telah dikemukakan bahwa reset dalam hal ini prinsipnya adalah menghapus hitungan penggunaan tinta, pada saat printer menganggap bahwa busa penampungan tinta sudah penuh. Oleh karena itu program ini berfungsi untuk mengembalikan nilai perhitungan ini kembali menjadi nol. Bagi printer yang belum menggunakan sistim pembuangan, sebaiknya busa penampungan diganti, atau lebih baik dipasang selang pembuangan untuk tinta.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reset pada printer Epson T13 series:

1.  Nyalakan printer dan jalankan program Reset Tool.


Pada program pilih tombol SELECT untuk menentukan Model, Destination dan Port USB yang terhubung dengan printer. Setelah terpilih model, destination dan port, pilih OK pada menu.


Setelah tahap di atas program akan menampilkan menu pilihan untuk menentukan perbaikan yang akan dijalankan.


2.   Pilih Waste ink pad counter dan pilih OK pada menu.


3.   Kemudian program akan menampilkan menu utama reset printer. Pilih tombol CHECK untuk membaca memori internal printer, sehingga program akan menunjukkan bahwa Main pad counter sudah mencapai jumlah maksimum.


4.   Disinilah program akan melakukan reset memori printer. Centang bagian Main pad counter dan pilih tombol INITIALIZATION dan program akan segera melakukan reset.


5.   Selanjutnya program akan menyatakan bahwa proses inisialisasi telah selesai. Kita akan diminta untuk mematikan printer. Jika proses inisialisasi ini berhasil, pada akhirnya program akan menunjukkan pesan seperti ini:


Reset printer sudah selesai. Tekan tombol POWER printer untuk menyalakan printer dan printer sudah siap dipergunakan kembali.


Demikian catatan ini, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Disable Data Execution Prevention (DEP)

Cara Shalat Ied di Rumah Saat Pandemic

Mengenal CCTV