Reset Printer Canon MG2570

Seperti pada umumnya printer Canon, setelah pemakaian tertentu, printer memerlukan reset untuk memulihkan counter penggunaannya. Printer Canon MG2570 merupakan printer keluaran Canon yang sedikit berbeda dalam hal penangan reset counternya. Mengingat bahwa printer ini merupakan printer yang diperuntukan untuk penggunaan rumah atau kantor kecil, maka bagi anda pengguna printer ini akan dihadapkan dengan kondisi dimana anda harus melakukan reset.

Hingga saat penulisan ini, masih belum ditemukan Software yang dapat melakukan Reset pada jenis printer ini. Program reseter yang kami mliki tidak dapat melakukn ugasnya dengan baik pada saat printer ini menunjukkan Error 5B00. Sudah pasti Program Reset yang kami miliki tidak ada gunanya untuk Error B500 dari printer Canon MG2570 ini.

Namun demikian, bukan berarti bahwa printer ini tidak dapat direset jika anda berhadapan dengan Error 5B00. Ada dua pilihan yang dapat anda lakukan, pertama mendatangi counter resmi Canon untuk melakukan Reset atau kedua, anda mendatangi tempat service kecil seperti kami yang memiliki sedikit pengetahuan untuk melakukan reset pada printer dimaksud.

Berikut adalah cara untuk menangani error 5B00 pada Printer Canon MG2570 :

  1. Lepas board dari printer.
  2. Perhatikan IC yang terdapat pada board, lepaskan IC508 dengan solder uap.
  3. Ganti dengan IC508 yang baru atau lepasan dari printer yang persis sama dan pasang kembali board dengan baik. Printer siap digunakan kembali.

IC508 ini berfungsi sebagai kartu memori penyimpanan data dari jumlah pencetakan yang telah dilakukan oleh Printer MG2570. Apabila penghitungan sudah mencapai batas maksimal dari yang telah ditentukan, maka printer akan memberikan pesan Error 5B00.


Demikian catatan ini, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Disable Data Execution Prevention (DEP)

Cara Shalat Ied di Rumah Saat Pandemic

Mengenal CCTV