DLL File Error

Dari beberapa error yang paling sering dalam software adalah error yang berkaitan dengan file DLL. Setiap kali bertemu dengan error ini cukup sulit untuk menelusuri dan memperbaikinya. Hal ini kadang membuat frustasi karena sulitnya menemukan penyebab error ini. Terkadang error dapat diselesaikan hanya dengan menyalin kembali file DLL yang hilang, namun itu pun jika kita tahu dimana seharusnya file yang hilang seharusnya ditempatkan.

Pada kondisi yang ekstrim, kemungkinan terakhir dari hilangnya file DLL ini adalah karena rusaknya hardisk, sehingga pada saat penulisan file ini tidak tercatat dengan sempurna. Ada kalanya instalasi ulang dari software yang terakhir kita install dapat memperbaiki error-error ini.

Namun dalam catatan ini kita hanya membahas error yang bukan dikarenakan rusaknya hardisk atau media data tempat file DLL tersimpan. File DLL yang kita maksud dianggap hilang atau rusak. Jika kita lakukan pencarian melalui google, memang banyak situs yang menyediakan file DLL terutama file2 yang biasa bermasalah. Hal ini sangat tidak direkomendasikan mengingat versi dan penempatan file yang mungkin berbeda. Belum lagi situs-situs seperti ini biasanya disertai dengan tautan yang dipenuhi dengan iklan, bahkan malware (secara umum bisa disebut virus).

Berikut adalah catatan dari ke-5 file DLL yang paling sering dijumpai pengguna komputer.


Hal.dll - "Missing Or Corrupt Hal.dll"

Error seperti ini biasanya terjadi karena instalasi yang tidak sempurna. Hilangnya file ini menyebabkan windows tidak dapat dijalankan dan hanya berhenti di awal saja dengan layar hitam. Pesan error biasanya bertuliskan:

Windows could not start because the following file is missing or corrupt - Windows root\system32\hal.dll.
Please re-install a copy of the above file.

Ntdll.dll - "Unknown Hard Error Ntdll.dll"

Pada kebanyakan kasus, error ntdll.dll terjadi karena instalasi software aplikasi yang tidak tuntas, jadi bukan karena kesalahan sistem operasi windows. Pesan error biasanya bertuliskan:

STOP: C0000221 unknown hard error \SystemRoot\System32\ntdll.dll

atau hanya

NTDLL.DLL Error!

Selain pesan ini masih terdapat beberapa pesan yang bernada sama.

Kernel32.dll - "Invalid Page Fault in Module Kernel32.dll"

Pesan yang paling umum dari error ini adalah

Explorer caused an invalid page fault in module Kernel32.DLL

Kernel error biasanya disebabkan oleh software yang mencoba menulis di memori sistim, namun terjadi kesalahan dalam penulisannya.

D3dx9_25.dll - "D3dx9_25.dll Not Found"

Pesan error yang paling sering ditemukan dalam instalasi game adalah

D3dx9_25.dll Not Found

dan

D3dx9_25.dll is Missing

Hal ini biasanya dikarenakan adanya masalah pada software directX. Pesan timbul pada saat program akan dijalankan dan directX tidak dapat menjalankan file DLL ini. File ini berupaya untuk menjalankan software yang mengakses video card.

Ieframe.dll - "Res://ieframe.dll/dnserror.htm#"

Masalah Ieframe.dll biasanya ditunjukkan dengan pesan

Res://ieframe.dll/dnserror.htm#

atau

File Not Found C:\WINDOWS\SYSTEM32\IEFRAME.DLL

dan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Demikian catatan ini, semoga bermanfaat.


Sumber about.com

Comments

Popular posts from this blog

Disable Data Execution Prevention (DEP)

Cara Shalat Ied di Rumah Saat Pandemic

Mengenal CCTV