Reset Printer Canon IP2770

Sebagian printer inkjet melakukan pencatatan dalam memori internalnya mengenai berbagai data printer, diantaranya adalah data mengenai berapa jumlah pencetakan yang sudah dilakukan printer dan jumlah penggunaan tinta. Hal ini tentu berkaitan dengan berapa banyak pemakaian tinta. Pencatatan ini berfungsi untuk kontrol perawatan. Bila printer sudah mencapai batas pencetakan tertentu, maka busa penampung tinta akan dianggap sudah penuh dan busa ini dianggap sudah harus diganti. Pada kondisi ini printer akan menunjukkan pesan error atau yang dikenal dengan Ink Absorber Full.

Pada catatan ini akan kita ulas mengenai Error 5B00 dan Error 5200 pada Printer Canon IP2770. Untuk keperluan itu dibutuhkan perangkat lunak yang lebih dikenal dengan Reset Tool. Bila anda belum memiliki tool ini, silakan download dan install terlebih dahulu.

Sebelum kita dapat melakukan reset pada printer, terlebih dahulu printer harus dalam kondisi Service Mode, berikut adalah langkah-langkahnya untuk Printer Canon IP2770 :

  1. Kabel power dalam keadaan terpasang, kemudian nyalakan printer.
  2. Tekan dan tahan tombol RESUME selama 2 detik, kemudian tekan tombol POWER. Lampu power berwarna hijau akan menyala.
  3. Kemudian tahan tombol POWER dan lepas tombol RESUME.
  4. Tetap tahan tombol POWER dan tekan tombol RESUME sebanyak x6. Lampu akan berkedip hingga lampu power tetap menyala hijau.
  5. Kemudian lepaskan keduanya bersamaan.
  6. Lampu akan berkedip, kemudian lampu power akan tetap menyala.

Hingga tahap ini komputer akan mendeteksi adanya perangkat baru. Kondisi ini menandakan kita telah berhasil memasuki kondisi Service Mode dan printer siap untuk reset.

Siapkan dua (2) lembar kertas ukuran A4 pada printer. Kertas ini dibutuhkan pada saat program melakukan reset. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reset:

  1. Jalankan Reset Tool
  2. Pada menu Clear Ink Counter, pilih Main. Printer akan melakukan proses dan mencetak satu (1) halaman bertulisan D:000'0.
  3. Pada menu Operation, pilih EEPROM Clear.
  4. Pada menu Print, pilih EEPROM. Pada proses ini kembali printer akan mencetak satu (1) halaman bertulisan tentang data printer. Diataranya adalah tentang total pencetakan yang sudah dilakukan TPAGE(TTL=00000) dan jumlah penggunaan tinta IL(BK=0 Y=0 M=0 C=0).
  5. Tekan tombol POWER untuk mematikan printer dan printer sudah siap dipergunakan kembali.

Demikian catatan ini, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Disable Data Execution Prevention (DEP)

Cara Shalat Ied di Rumah Saat Pandemic

Mengenal CCTV