Merawat Printer Inkjet

printer error
Canon Pixma Series

Pada saat kita membeli printer inkjet, biasanya sudah disertai dengan buku petunjuk untuk merawatnya. Namun kita jarang sekali mau membaca buku yang disertakan, mungkin kita malah tidak tahu jika produk yang kita beli disertai dengan buku petunjuk, baik dalam bentuk kertas atau pun CD.

Printer Inkjet adalah tipe printer yang bekerja dengan cara menyemprotkan tinta ke atas selembar kertas. Pada head printer terdapat lempengan magnetis yang berfungsi untuk menyemprotkan tinta. Printer inkjet mampu menghasilkan cetakan berkualitas tinggi mendekati kualitas printer laser. Beberapa jenis bahkan dapat mencetak dengan resolusi tinggi. Pada saat ini banyak dijual printer inkjet dengan resolusi hingga 4800(horisontal) x 1200(vertical).

Terlepas dari sudah atau belum kita membacanya, tidak ada salahnya kita ulas sedikit tips dalam merawat Printer Inkjet seperti berikut:

1.   Katrid

Gunakan katrid orisinil yang khusus dibuat untuk tipe printer. Rata-rata harga katrid orsinil memang cukup mahal, pembelian 1 set katrid bisa melebihi separuh dari harga printer, bahkan beberapa tipe printer harga katrid orisinil ini mencapai 80% dari harga printer. Penggunaan katrid orisinil akan menjamin printer mendapatkan garansi hingga habisnya masa garansi.

2.   Kebersihan

Kebersihan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pastikan printer tidak banyak terkena debu, terlebih jika akhirnya kemasukkan benda kecil seperti pin kertas misalnya. Masuknya benda kecil ke dalam printer akan menyebabkan printer tidak dapat bekerja dengan sempurna atau bahkan tidak bekerja sama sekali. Ada baiknya jika printer mempunyai penutup yang baik. Kain dapat menjadi alternatif yang baik untuk penutup pada saat printer tidak dipergunakan.

3.   Penempatan

Letakkan printer pada tempat yang kokoh, rata dan aman dari gangguan, terutama pada saat printer sedang dipergunakan. Penempatan printer pada tempat yang tidak stabil dapat menyebabkan printer cepat rusak.

4.   Ketebalan Kertas

Pada umumnya printer inkjet dirancang untuk jenis kertas HVS atau Kertas Foto dengan ketebalan tertentu. Setiap printer memiliki batas ketebalan maksimum yang dapat dipergunakan. Seringnya printer menggunakan kertas tebal dapat menyebabkan printer menjadi sulit menarik kertas.

5.   Kertas Macet

Ada kalanya printer mengalami kemacetan sementara posisi kertas sudah berada didalam printer (papper jammed). Bila hal ini terjadi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menekan tombol Stop/Reset atau tombol lain untuk membatalkan pencetakan. Jika cara ini tidak berhasil, maka harus dilakukan secara manual. Segera matikan printer dengan mencabut kabel power yang terhubung ke printer, kemudian cabut kertas secara perlahan. Untuk jenis printer tertentu, pada bagian belakang terdapat penutup yang dapat dibuka khusus untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut. Pastikan tidak ada kertas yag tertinggal pada printer.

Demikian catatan ini, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Disable Data Execution Prevention (DEP)

Cara Shalat Ied di Rumah Saat Pandemic

Mengenal CCTV